Breaking News

Tuesday, February 9, 2016

Cara Membersihkan Browser dari Iklan

Di zaman yang modern ini, internet jadi sebuah kebutuhan primer bagi banyak orang. Baik itu pekerja, mahasiswa, bahkan sampai ibu rumah tangga. Untuk menggunakan akses internet sendiri di butuhkan browser. Beberapa browser yang cukup populer di gunakan saat ini antara lain ada Google Chrome dan Mozilla Firefox. 

Internet sekarang telah menjadi lahan bisnis, salah satunya yaitu bisnis iklan di internet. Dari yang saya tahu biasanya iklan ini ada tempatnya sendiri, biasanya di sebut space ads, space ads sendiri biasanya terletak di atas artikel, bawah atau samping artikel. Namun ada juga ads yang biasanya sifatnya menjebak. Menjebak seperti apa ??

Nah di sini saya akan menunjukkan contoh iklan yang menjebak. Pada gambar di samping awalnya saya ingin mendownload sebuah film, hingga akhirnya saya di arahkan ke halaman download film tersebut. Tetapi sesamapainya di halaman itu ada 2 pilihan button download. Seperti gambar saya di samping yang ada di kotak hitam itu adalah link download asli, dan yang ada di kotak merah itu hanya button iklan. Bagi orang awam akan sulit untuk membedakan mana yang yang iklan dan mana yang asli. Untuk membedakannya anda dapat membacanya di sini.

Baca Juga : "Membedakan Button Download dengan Iklan"


Apa sih dampaknya kalo kita sampai salah menekan button iklan ?

Yang saya tahu biasanya kita akan di arahkan untuk mendownload software dari iklan tersebut, dan bahayanya dengan persetujuan kita software ini nanti bisa menginstall secara otomatis di komputer atau laptop kita. Di sinilah nanti akan mulai timbul masalah masalah pada windows kita. Tanpa sadar akan ada software baru yang sudah terinstall di windows kita, tidak hanya itu yang sering saya lihat, pada laptop-laptop teman saya tampilan browser sudah berubah. Search engine yang di gunakan bukan lagi google, homepagenya juga sudah berubah. Ketika saya mencoba mengganti homepagenya menjadi google ternyata tidak bisa. Kalo sudah begini artinya browser anda sudah terjangkit virus dari iklan tadi.



Lalu bagaimana cara membersihkan browser dari virus iklan ini ?

Untuk membersihkan browser dari virus iklan ini ada sebuah aplikasi khusus. Aplikasi ini semacam antivirus yang khusus di gunakan untuk menghapus virus iklan. Aplikasi ini bernama Adwcleaner, anda dapat mendownloadnya di sini


Adwcleaner sendiri mempunyai kemampuan untuk membersihkan  :
  1. Adware (ads software)
  2. PUP/LPI (Potentially Undesirable Program)
  3. Toolbars
  4. Hijacker (Hijack of the browser's homepage)
Salah satu keunggulan software ini adalah mampu bekerja mulai dari tingkat Windows XP hingga Windows 10 baik itu 32 bit atau 64 bit. Ukuran file masternya juga tidak terlalu besar hanya sebesar 1.44MB. Untuk penggunaanya juga sangat mudah, buka Adwcleaner yang sudah di download tadi. Lalu klik I Agree.

Biarkan program Adwcleaner mengupdate databasenya terlebih dahulu. Bila sudah akan tampil program Adwcleaner, untuk yang pertama klik Scan. Jadi Adwcleaner akan melakukan scan pada browser, dan system anda, untuk menscan semua hal yang ada hubungannya dengan virus iklan. Tunggu proses scan ini sampai selesai.



Bila proses Scan sudah selesai, maka scara otomatus tombol Cleaning akan menyala, dan klik tombol Cleaning untuk membersihkan virus iklan dari browser dan system anda. Klik OK dan tunggu prosesnya, bila proses cleaning selesai program akan melakukan restart pada windows anda.


Lalu nanti akan muncul logfile yang sudah di bersihkan. Sampai sini virus virus iklan sudah di bersihkan dari browser dan sistem anda. Sekarang browser anda sudah bersih dari virus iklan ini dan dapat di gunakan dengan normal lagi. Tetapi dalam beberapa kasus pada mozilla firefox ternyata home page dan search engine yang di gunakan masih tetap menggunakan search engine dan homepage iklan tadi. Untuk merubahnya ikuti langkah berikut.

Tulislah perintah "about:config" di address bar mozilla anda. Klik "I'll be carefull, I promise".


Lalu ketikkan keyword ini "browser.startup.homepage" , bila sudah ketemu pada bagian "browser.startup.homepage" klik kanan dan pilih reset. Lalu cari lagi "browser.search.defaultenginename" klik kanan pilih reset.

Dengan cara ini browser anda akan bersih dari virus iklan yang mengganggu kinerja browser. Bila ada pertanyaan bisa anda sampaikan di kolom komentar. Sekian tips dari saya. Terimakasih

Baca Juga : "Membedakan Button Download dengan Iklan"

2 comments:

  1. Info berguna! Sebelumnya bolak balik install kompi kalau ketemu jebakan2 seperti ini. Tak simpene buat ansitipasi. Thanks ya gan!

    ReplyDelete

hadIndie™ - 2016