Breaking News

Monday, February 15, 2016

Menampilkan File yang Hilang karena Virus

Pernahkah file dalam flashdisk anda tiba-tiba hilang ? 

Padahal anda tidak menghapusnya, biasanya setelah flashdisk di pinjam teman, atau di pakai di komputer warnet,kampus, file kita tiba-tiba hilang.

Asumsi orang awam, karena filenya hilang ia menganggap filenya telah terhapus dari flashdisk.nya. Padahal sebenarnya file tersebut tidak hilang, file itu hanya di hidden atau di sembunyikan oleh virus. Berdasarkan pengalaman saya kadang file ini oleh si virus di pindah dalam suatu folder yang tidak bernama, dan folder ini di hidden.

Kalo isi flashdisk anda sudah terinfeksi virus, anda dapat menscan flashdisk anda menggunakan antivirus. Saya ada 2 saran antivirus yang bisa di pakai secara bersamaan untuk membasmi virus dalam flashdisk anda.
  1. Microsoft Security Essential
  2. SMADAV Antivirus
Kenapa saya pilih dua anti virus ini ? anda dapat membaca alasannya di artikel ini

Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows Anda


Bila anda sudah melakukan scan menggunakan antivirus, biasanya hanya virusnya saja yang hilang, tetapi file file dan folder anda yang tersembunyi masih tetap tersembunyi. Oleh karena itu untuk menampilkan file file dan folder kembali kita harus lakukan secara manual

Bagaimana cara menampilkan file yang hilang karena virus ?


Pertama anda harus membuka Command Prompt di windows anda, klik pada Start lalu pada search box ketikkan "cmd" dan akan muncul aplikasi cmd pada pencarian paling atas buka aplikasinya.

Setelah itu ketikkan drive letter flashdisk anda. Contohnya flashdisk anda drive letternya F. Maka pada command prompt ketikkan perintah "F:" lalu enter. Ubah letternya sesuai drive letter flashdisk anda, bila drive letter anda G, tinggal ketik perintah "G:".

Setelah drive pada command prompt sudah berubah sekarang ketikkan perintah "attrib -r -s -h /s /d" dan tekan enter. Lalu tunggu prosesnya.



Lama tidaknya proses ini tergantung seberapa besar file yang di sembunyikan si virus, semakin besar akan semakin lama proses dan tergantung kinerja komputer atau laptop anda. Bila proses selesai maka drive letter flashdisk pada command prompt akan muncul lagi seperti di awal, sebelum anda ketikkan perintah attrib tadi.

Lalu kalau sudah selesai cek isi flashdisk anda, semoga file file dan folder anda kembali normal lagi.

Dalam beberapa kasus sebenarnya dengan menggunakan smadav kita juga bisa menampilkan file atau folder yang tersembunyi. Caranya dengan melakukan scan menggunakan smadav, tunggu proses scan sampai 100% lalu buka di tab Hidden, dan Unhide All maka file dan folder yang terhidden virus bisa kembali muncul lagi.

Sekian tips singkat dari saya semoga bermanfaat.

Baca juga : Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows Anda

No comments:

Post a Comment

hadIndie™ - 2016