Breaking News

Sunday, February 14, 2016

Membedakan Button Download dengan Iklan

Pernahkah suatu saat anda ingin mendownload sesuatu, tapi dalam satu halaman itu banyak tombol downloadnya, sehingga anda jadi bingung ?

Oleh karena itu agar kita tidak bingung mana tombol download yang asli atau yang palsu(isinya hanya iklan) kita harus bisa membedakannya.

Cara membedakan button download ini sangatlah simple. Saya akan mencontohkannya, dalam kasus ini saya ingin mendownload sebuah game melalui salah satu file hosted yang cukup terkenal, tapi setelah saya masuk ke halaman tempat downloadnya ternyata ada 2 button yang bertuliskan download, mungkin bagi saya yang sudah sering mendownload akan dengan mudah tahu mana tombol download yang asli. Tapi untuk orang awam tentu akan bingung.

Seperti gambar di atas ada dua tombol download, yang kiri adalah button download iklan dan yang kanan adalah button download asli. Untuk membedaknnya sangatlah mudah caranya 

Arahkan kursor mouse anda ke atas tombol download yang ingin anda cek, di sini saya akan memberikan gambar yang menunjukkan perbedaan dua tombol download diatas.

Lihatlah gambar pertama ketika saya mengarahkan kursor mouse saya ke atas tombol download yang ada di sebelah kanan, maka akan muncul alamat link yang ada dalam tombol download itu, alamat link itu akan terlihat di kiri bawah browser kita. Alamat link yang pertama ini berisi nama file .rar yang akan saya download dan ada alamat server tempat saya mendownload di awal alamat.

Sekarang lihat gambar ke dua, saat saya arahkan kursor ke tombol download yang palsu ini isinya adalah sebuah link yang di situ terdapat kata-kata ads-nya, ads sendiri itu adalah iklan, dan yang kedua tidak ada tanda nama file yang akan kita download di link tersebut.

Dari sini kita sudah bisa menyimpulkan kalo tombol download yang ada di sebelah kanan adalah yang asli dan sebelah kiri itu hanya tombol download iklan. 

Selain cara ini kita juga bisa melihat, bila kita ingin mendownload melalui blog atau web milik orang, biasanya link download nya ada di bagian bawah postnya, link berupa tulisa "Download nama file yang kan kita download". 

Yang sering saya temui ketika kita mendownload melalui blog atau web orang terkadang ada gambar donwload kecil di tengah atau atas post tersebut, padahal itu hanya tombol download yang menjebak, yang bila kita klik bisa menyebabkan masalah untuk windows kita. 

Tapi kembali lagi ke cara pertama tadi, kita juga tetap harus melihat isi alamat link yang ada di dalam tombol download tersebut, karena ada juga beberapa web luar negeri yang menaruh tombol download.nya di atas post  mereka.

Intinya anda harus tetap berhati-hati bila akan mendownload sesuatu, lalu bila anda sudah terlanjur salah dan windows ada sudah terinstall malware yang aneh aneh, browser anda banyak iklannya. Anda dapat membersihkannya dengan cara yang sudah saya tulis di post sebelumnya.

Sekian tips yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, saya sangat mengharapkan saran dan komentar dari kalian semua. Saran dan komentar dapat kalian kirim lewat komentar

Bava Juga : "Menghapus Virus Iklan yang Mengganggu Browser "





No comments:

Post a Comment

hadIndie™ - 2016