Breaking News

Tuesday, February 16, 2016

Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows Anda

Bila anda menggunakan sistem operasi dari Microsoft, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Pasti anda pernah berjumpa dengan yang namanya virus.

Sebenarnya apasih virus yang ada pada windows ini ? Kenapa virus suka menyerang windows ?? 

Alasannnya baca di post saya ini

Pada postingan ini saya hanya ingin memberikan saran dan rekomendasi anti virus yang bagus untuk Windows anda. Saya tidak ingin memberi saran antivirus berbayar, saya akan memberikan rekomendasi antivirus free alias gratis dari microsoft.

Antivirus yang saya maksud adalah Microsoft Security Essential. 



Antivirus ini mampu melindungi komputer anda dari serangan virus, trojan, worm dan spyware.
Berikut alasan kenapa kamu harus pake Microsoft Security Essential :

1. Gratis dan Mudah di Dapat

Antivirus dari microsoft ini tidak di jual, alias freeware. Tidak ada batas waktu penggunaan antivirus ini. Hanya dengan mendownload ke website resmi Microsoft kita sudah bisa merasakan kehebatan antivirus ini. Tentunya hal ini sangat cocok bagi para pengguna Windows di Indonesia, yang memang suka yang gratisan, hehe termasuk saya. 

Bahkan untuk versi Windows 8 ke atas, antivirus MSE sudah di kemas menjadi satu paket di dalam windows. Hanya namanya bukan Microsoft Security Essential tetapi namanya Windows Defender.
Benar-benar pilihan yang pas buat kita yang gak suka ngeluarin banyak biaya.

2. MSE adalah produk Microsoft

Windows adalah salah satu produk Microsoft dalam bidang sistem operasi, dan MSE juga adalah salah satu produk dari Microsoft. Kenapa Microsoft menciptakan MSE ? Tentunya ini adalah salah bentuk tanggapan dari banyak kalangan yang sering menyebut bahwa Windows tidak aman. Bahwa seharusnya Microsoft bisa lebih meningkatkan keamanan dalam platform.nya dan hari ini Microsoft telah membuktikan bahwa mereka juga peduli dengan keamanan semua platformnya. MSE menjadi sebuah langkah pertama Microsoft dalam mengamankan sistem operasi windowsnya.

3. Microsoft Bisa di Percaya

Begitu banyak produk yang di ciptakan Microsoft, seperti Microsoft Office. Tentunya setiap orang pasti sudah mengenal Microsoft Office, bagaimana kualitas aplikasi ini. Begitu banyak orang yang percaya dan menggunakan aplikasi ini. Begitu juga dengan windows buatan Microsoft. Berapa banyak orang memakainya ? Anda akan bingung kalau harus menghitungnya karena anda tidak perlu menghitungnya. Anda hanya perlu percaya bahwa dengan jumlah konsumen yang sangat banyak berarti Microsoft telah di percaya oleh banyak orang.

Luar biasanya Microsoft membuat software yang mampu menjaga windows anda tetap aman, dan yang terpenting itu gratis, Microsoft tidak ingin mengambil keuntungan dari hal ini. Mereka hanya ingin para penggunanya merasa lebih aman dalam menggunakan windows. 

MSE sendiri ternyata juga mendapat beberapa penghargaan : penghargaan VB100  dari Virus Bulletin Ltd., Checkmark Certification dari West Coast Labs, dan sertifikasi dari ICSA Labs.

4. Proses Background MSE Ringan

Salah satu hal yang menjadi masalah dalam menggunakan antivirus adalah kerja windows yang jadi berat setelah di beri antivirus. Hal ini di sebabkan proses background antivirus yang besar sementara spesifikasi komputer/laptop tidak mencukupi, proses background itu sendiri sama seperti pekerjaan di belakang layar, yang bekerja secara otomatis sejak windows di mulai. 

Nah, proses background MSE ini tidak terlalu besar dan tidak akan mengganggu kinerja windows anda. MSE memang kadang minta keputusan anda dalam mengambil tindakan ketika ada virus yang terdeteksi, tapi ketika anda sibuk MSE dapat membuat keputusan sendiri, berdasarkan keputusan default yang sudah anda atur dan anda bisa mengubah atau membatalkan keputusan yang di buat antivirus. 

MSE ini benar benar efisien, program ini dapat di jadwalkan untuk melakukan scan dan update secara otomatis setiap hari tanpa mengganggu kinerja windows anda.  Semua ini membuat Microsoft Security Essentials ramah untuk segala macam komputer-PC lama, PC baru, laptop Anda, serta netbook kecil Anda.

Sudah yakin dengan MSE ?

Nah, dengan semua alasan itu saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan Microsoft Security Essential. MSE ini sendiri akan bekerja maksimal bila anda mengupdate definisinya setiap hari. Updatenya mudah, tinggal klik update saja, asal ada koneksi internet maka prosesnya sudah berjalan sendiri. 

Kita juga bisa mendownload definisinya secara offline, terutama bagi pengguna Windows XP, karena Windows XP sudah di lepas Microsoft, update MSE jadi agak susah. Saran saya bagi pengguna windows XP lebih baik download definisinya dan install secara offline.

Sedikit tips lagi sih kalo anda menggunakan MSE setelah anda menginstall MSE dan mengupdatenya, matikan lah fitur Windows Update anda. Karena kalau tidak anda matikan, fitur ini akan sangat bahaya jadinya, apalagi kalo windows kita bajakan. Windows bisa jadi error kalo kena update.

Kalo anda punya perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi minimum RAM 2 GB, saran saya tambahkan SMADAV biar windows anda makin kuat terlindungi. Tapi jangan pernah hanya menggunakan SMADAV saja, karena SMADAV hanyalah proteksi tambahan untuk windows anda.

Persyaratan sistem MSE, untuk MSE 4.5 bisa di pakai di semua jenis windows kecuali windows XP. Jadi kalo mau install MSE di Windows XP harus cari yang versi 4 .5 ke bawah, dan kalo bisa pakai Windows XP SP3.

MSE sendiri membutukan tempat sekitar 200MB di hard disk kita, Untuk RAM sendiri minim 256 MB, tapi menurut saya lebih baik pakai kapasitas RAM yang lebih tinggi. 

Saya sendiri selalu menggunakan antivirus MSE ini di laptop saya dan saya tambah SMADAV untuk proteksi tambahan. Tidak pernah ada virus di laptop saya.

Intinya dalam menggunakan antivirus apapun anda harus rajin mengupdatenya.

Dengan kondisi yang update antivirus jadi lebih maksimal, sedangkan bila antivirus tidak update dia tidak akan bisa bekerja, ketika ada virus baru maka antivirus tidak bisa mengenalinya sehingga virus bisa dengan leluasa masuk windows anda.

Bila anda tidak bisa mengupdate setiap hari lakukan update setidaknya seminggu sekali.

Semoga tips ini bisa membantu anda. Saya selalu mengharapkan saran dan komentar dari kalian para pembaca. Silahkan tinggalkan saran dan komentar anda.


No comments:

Post a Comment

hadIndie™ - 2016