Breaking News

Thursday, February 25, 2016

Mengatasi Blue Screen Windows : Unmountable_boot_volume

Hampir semua pengguna komputer atau laptop pasti pernah bertemu dengan yang namanya blue screen.  Apa sih penyebab blue screen ?? Penyebab blue screen itu banyak sih, penyebabnya bermacam. Blue screen ini sendiri adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Di antaranya driver peralatan yang tidak cocok, kesalahan memori(RAM), registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

Berdasarkan pengalaman saya blue screen bisa tejadi ketika windows sedang berjalan, atau bisa juga ketika windows baru booting. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Ketika terjadi blue screen biasanya di situ ada sebuah pesan, dari pesan ini lah kita bisa mengidentifikasi penyebab masalah blue screen pada komputer kita. 

Blue Screen : Unmountable_boot_volume


Blue screen dengan peringatan UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME.

Error ini terjadi karena windows tidak dapat memuat file yang di butuhkan untuk melakukan proses booting. Penyebabnya bisa terjadi karena : 
  • kabel data hard disk yang kondisinya sudah setengah rusak 
  • bisa juga karena driver controller harddisk yang bermasalah,
  • partisi windows yang berpindah atau berubah
  • mencoba untuk memuat Windows dari partisi yang salah

Untuk mengatasinya lepas hard disk anda, lalu pasang hard disk pada komputer yang normal windowsnya dan nyalakan komputernya. Biasanya nanti windows kita akan melakukan check disk otomatis terhadap harddisk yang baru kita pasang ini, tunggu proses check disk ini, jangan di cancel.

Setelah proses ini selesai kita akan masuk ke windows kita yang normal dan ada harddisk baru yang akan terdeteksi dan juga ada beberapa partisi baru. Lalu coba cari partisi yang berisi windows yang blue screen tadi, biasanya dalam partisi yang berisi windows ada nama  folder seperti "Program Files", "Windows". Lalu klik kanan pada partisinya dan pilih "Properties".

Selanjutnya pilih tab "Tools" dan klik "Check now".

Akan ada check disk options centang keduanya, lalu klik "Start" dan proses check disk akan berjalan secara otomatis.










Tunggu proses check disk, biasanya prosesnya memang mebutuhkan waktu yang lumayan lama. Tetap tunggu prosesnya, atau biarkan saja sampai prosesnya selesai. Bila sudah selesai akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.


Nah setelah proses check disk selesai, matikan komputer anda dan lepas hard disk yang baru kita check disk. Lalu pasang kembali di komputer asalnya coba hidupkan. Maka windows akan kembali normal.

Sebenarnya sebelum melakukan proses ini anda juga bisa mencoba beberapa solusi sederhana seperti mengganti kabel data harddisk atau membersihkan memory (RAM). Bila anda belum tau cara membersihkan RAM anda bisa membaca artikel saya ini. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

hadIndie™ - 2016